Himpunan Alumni

Keluarga Alumni (Kalam) Hukum Keluarga Islam Walisongo adalah salah satu wadah para alumni program studi Hukum Keluarga Islam pada Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Walisongo. Ikatan keluarga alumni ini merupakanmodal sekaligus kekuatan baru dengan tujuan mengawal kampus almamater untuk dapat menjadi kampus berbasis riset sesuai dengan visi misi dan tujuan program studi Hukum Keluarga Islam. Dalam wadah organisasi ini, semua alumni program studi Hukum Keluarga bersatupaduuntuk berkontribusi dalam rangka memajukan kampus, lembaga dan negara Indonesia. Di sini pula, para alumni yang telah sukses dapat menjadi referensi bagi para mahasiswa yang program studi Hukum Keluarga Islam ini.

Keluarga alumni ini memeliki peran dan kontribusi nyata, baik pada bidang Akademik dan non Akademik, di antaranya adalah sebagai berikut:

A. Kontribusi Bidang Akademik

Dalam bidang akademik, kontribusi keluarga alumni dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Alumni yang berprofesi sebagai Hakim dan Advokat sebagian telah menjadi dosen tidak tetap pada program studi Hukum Keluarga hal ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan best practise bagaimana mahasiswa mendapatkan perkara-perkara di lapangan, sehingga teori dapat mengarah kepada praktek.
  2. Para alumni yang telah menjadi pengacara terkumpul dalam APSI (Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia) mengadakan pelatihan keadvokatan yaitu berupa Pendidikan Khusus Profesi Advokat.
  3. Para alumni terlibat di dalam workshop untuk memberikan sumbangan pemikiran untuk pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pasar kerja.
  4. Para alumni menjadinarasumberdalam seminar, pelatihan dan workshop yang di adakan oleh fakultas, seperti yang dilakukan oleh Prodi Hukum Keluarga Islam dengan mendatangkan nara sumber alumi yaitu Nasir, Ph.D dari IAIN Mataram. Misal lain alumni bernama Fauzun Nihayah, SHI, MH. yang bekerja di Badan Legislasi Nasional untuk memberikan materi tentang Legal Drafting pada acara KKL.
  5. Berpatisipasi aktif dalam kegiatan berbagai lembaga yang dikelola oleh alumni sebagai fasilitator, mediator atau magang.
  6. Pelibatan dalam kegiatan Pos Bantuan Hukum. Para alumni menjadi pegawai yang magang di posbakum yang diselenggarakan oleh Pengadilan Agama yang bekerjasama dengan LPKBHI Fakultas Syariah dan Hukum, seperti di posbakum PA Semarang, Kendal, Batang, Pekalongan, Kajen, Pemalangdan PN Kebumen.
  7. Membantu sosialisasi Program Studi kepada masyarakat. Dalam hal ini para alumni terlibat dalam hal pelaksanaan sosialasi prodi Hukum Keluarga Islam di masyarakat salah satunya dengan cara mendatangi almamater mereka ketika SLTA atau mendatangi pondok di mana mereka pernah bersekolah.
  8. Memberikan sumbangsih berupa buku-buku tentang hukum yang diletakkan diperpustakaan Fakultas.

B. Kontribusi Alumni Non Akademik

  1. Memberikan informasi tentang lapangan kerja, misalnya alumni yang bekerja dalam posisi strategis memberikan link pekerjaan kepada alumni yang ada dibawahnya.
  2. Kontribusi iuran wajib yang dikelola oleh Keluarga Alumni (Kalam) Hukum Keluarga Islam Walisongo untuk mengadakan event-event ilmiah yang diadakan oleh alumni bekerjasama dengan fakultas.
  3. Membantu dan mendampingi dalam kegiatan ekstra kurikuler/UKM, di mana para alumni berperan sebagai pendamping dan permberi arahan pada kegiatan ekstra kurikuler pada UKM yang tersedia sehingga kegiatan ekstra kurikuler ini menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa baik dalam karir yang akan datang, ataupun bekal mahasiswa untuk terjun di masyarakat.
  4. Layanan Bimbingan Tes Calon Hakim. Para alumni bekerjasama dengan Fakultas Syariah dan Hukum mengadakan layanan bimbingan dalam menghadapi tes seleksi calon hakim, seperti yang telah dilaksanakan pada tahun 2017, ketika MA mengumumkan tes CPNS Hakim, maka para alumni mengadakan bimbingan dengan narasumber dari PA Kendal, yaitu bapak Mustar yang merupakan seorang hakim dan alumni dari program studi Hukum Keluarga Islam. Pada bimbingan tersebut telah ikut serta sekitar 70 fresh graduate dan sebagian berhasil lolos pada tes Calon Hakim tahun 2017.
  5. Sumbangan sarana dan prasarana untuk pengembangan Prodi Hukum keluarga Islam, misalnya berupa sarana computer, LCD, sound system dan rak buku.